Senin, 14 Maret 2011

Teknologi Informasi & komputer IPad 2

SAN FRANCISCO – Pendiri sekaligus bos Apple Inc Steve Jobs membuat kejutan dengan tampil di hadapan publik, Rabu (2/3), dalam acara peluncuran komputer tablet generasi baru iPad 2. Penampilan Jobs yang terlihat energik mendapat sambutan meriah setelah bulan lalu Jobs dikabarkan bakal cuti dua tahun untuk penyembuhan penyakitnya. “Fokus kerja kami sementara waktu pada produk ini, dan kami tidak ingin melewatkan momen ini,” kata Jobs di hadapan publik yang memenuhi auditorium di San Francisco.

Kemunculan Jobs dalam peluncuran produk iPad 2 diharapkan dapat mendongkrak pamor produk terbaru Apple di pasar komputer tablet global. Rencananya, iPad 2 akan dijual di Amerika Serikat (AS) pada 11 Maret mendatang, disusul di lebih dari 26 negara pada 25 Maret mendatang. Dengan bentuk lebih tipis dibandingkan iPhone 4, iPad akan dijual melalui dua distributornya, AT&T Inc dan Verizon Wireless dengan banderol harga senilai 499 dollar AS atau lebih murah 100 dollar AS ketimbang komputer tablet produksi Motorola Mobi lity, Xoom.

Beberapa analis menilai kehadiran varian generasi terbaru dari Apple itu kian membuat khawatir rival-rivalnya, termasuk Motorola. Matthew Th ornton, analis dari Avian Securities, menyatakan investor Motorola waswas dengan agresivitas Apple melalui iPad 2 dengan harga lebih murah. Hal senada juga diungkapkan Van Baker, analis dari Gartner. Menurutnya, Apple terlihat lebih agresif menarik konsumen melalui penyedian kualitas perangkat yang baik dengan harga yang lebih murah dibandingkan produk komputer tablet lainnya. “Ini benar-benar merusak pada kompetitornya di pasar.

Xoom sekarang sepertinya menjadi komputer tablet dengan harga yang sangat-sangat mahal, sedangkan HP (Hewlett- Packard) terlihat memiliki kualitas fi tur di bawahnya (iPad),” papar Gartner. Dengan peluncuran iPad 2, Apple diharapkan mampu mengulang kesuksesan ketika melepas komputer tablet iPad generasi pertama ke pasar. Data terbaru menyebutkan, Apple berhasil menjual 15 juta unit iPad dalam sembilan bulan pertama sejak peluncuran pada April 2010, tiga kali lipat lebih besar dari ekspektasi pasar.

Selain iPhone, Apple sepertinya menyandarkan pertumbuhan perusahaan pada hasil penjualan iPad. Tahun ini, perusahaan menargetkan penjualan sekitar 30 juta unit iPad atau bahkan lebih sehingga akan mengamankan target penjualan produk-produk perusahaan secara umum sebesar 20 miliar dollar AS. Popularitas komputer tablet diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Perangkat tersebut kini sangat digemari konsumen, terutama yang berlatar be lakang bisnis.

Sejumlah analis memperkirakan pasar komputer tablet akan meningkat menjadi lebih dari 50 juta unit pada tahun ini dan kembali naik menjadi 200 juta unit pada 2015. Saham Naik Kemunculan Jobs di hadapan publik kian meyakinkan investor yang selama ini khawatir mengenai kondisi kesehatannya. Berselang beberapa saat setelah peluncuran, harga saham Apple di Nasdaq, pada Rabu (2/3) siang naik 1,2 persen menjadi 353,44 dollar AS.

“Steve Jobs adalah orang paling penting bagi Apple, itulah sebabnya investor penasaran tentang apakah Jobs akan tetap bertahan dan memiliki pengaruh di Apple,” kata Robert Lutts, kepala investasi di Cabot Money Management.

Setelah lama menjadi bahan perbincangan, akhirnya Apple secara resmi mengumumkan Apple iPad 2 dengan versi iOS 4.3. Sistem opeasi iOS 4.3 ini dilengkapi oleh fitur engine Nitro Javascript dari browser Safari pada OS X, fitur iTunes Home Sharing dan kemampuan AppStore untuk berbagai audio dan video.

Harga Apple iPad 2 - Spesifikasi Apple iPad 2
Spesifikasi iPad 2 ini juga hadir dengan nuansa yang serba canggih. Dari segi desain, iPad 2 ini jauh lebih tipis dan lebih ringan dari pendahulunya. Untuk ukuran layar masih menggunakan layar 9.7 inci dengan LED-backlit. Dari segi performa, iPad 2 ini akan dilengkapi oleh Prosesor Dual Core A5, 2 kamera, bagian depan VGA Camera dan belakang mampu mengambil video HD 720p. iPad 2 akan mendukung HSUPA untuk koneksi data lebih cepat.

Tak hanya itu saja, spesifikasi Apple iPad 2 yang dapat membuat Anda takjub. Baterai yang memiliki ketahan 10 jam, smart cover untuk melindungi layar iPad dari bahan polyurethane dan kabel aksesoris untuk miror HDMI Video juga akan menghiasi iPad 2 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar